Inginkan Petani Sejahtera, Mas Kades dan ORMAWA PKK HME Unej bekerjasama Untuk Melaunching Aplikasi Digital Si-AMA dan WSN

Inginkan Petani Sejahtera, Mas Kades dan ORMAWA PKK HME Unej bekerjasama Untuk Melaunching Aplikasi Digital Si-AMA dan WSN

Jember – Sekelompok mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Electro UNEJ mengadakan Workshop dan pelatihan bersama Dosen untuk para petani sawah serta petani kopi guna mensejahterakan dan memudahkan para petani agar lebih bisa menghasilkan pangan yang berkualitas bagus dari pupuk kompos dan briket arang. Rabu (28/09/2022)

Soni selaku dosen FTP sekaligus pemateri pelatihan ini, menjelaskan bagaimana cara membuat pupuk kompos dan cara membuat briket arang. Soni juga menjelaskan fungsi dan manfaat pupuk serta briket arang, yang nantinya akan langsung dipraktekkan Bersama para petani di desa Sidomulyo.

Inginkan Petani Sejahtera, Mas Kades dan ORMAWA PKK HME Unej bekerjasama Untuk Melaunching Aplikasi Digital Si-AMA dan WSN Inginkan Petani Sejahtera, Mas Kades dan ORMAWA PKK HME Unej bekerjasama Untuk Melaunching Aplikasi Digital Si-AMA dan WSN Inginkan Petani Sejahtera, Mas Kades dan ORMAWA PKK HME Unej bekerjasama Untuk Melaunching Aplikasi Digital Si-AMA dan WSN

Pelatihan ini merupakan proker dari para PKK ORMAWA Himpunan Mahasiswa Electro bersama Pemerintah Desa Sidomulyo terutama Mas Kades yang bekerjasama untuk mensejahterakan para petani di Sidomulyo lewat pelatihan cara memberi pupuk kompos dan cara membuat briket arang.

Tak hanya itu, Para anggota HME juga akan me-Launching aplikasi digital Si-AMA (Sidomulyo Agriculture Mobile Application) dan WSN (Wireless Sensor Network). Kedua aplikasi ini saling berhubungan dan mempunyai fungsi untuk para petani. Proker ini juga melibatkan sejumlah petani dan sejumlah UKM di desa Sidomulyo.

“Aplikasi Si-AMA ini nantinya akan terintegrasi Bersama teknologi yang bernama WSN. WSN ini akan dipasangkan di Café Sawah Sidomulyo dan di perkebunan KETAKASI Sidomulyo” Ucap Yafi, Ketua Umum HME Unej.

Lebih lanjut, ia mengatakan Aplikasi ini mempunyai banyak fungsi yaitu nantinya aplikasi ini bisa memonitoring tentang kualitas lahan, bagaimana PH tanah di sawah dan kebun, perkiraan cuaca.

Selain itu, fungsi dari aplikasi ini petani juga bisa mendata secara mandiri lewat aplikasi ini apa saja kegiatan di sawah tiap harinya dan aplikasi Si-AMA ini bisa merekomendasikan kapan cuaca yang bagus untuk melakukan kegiatan Bertani.

Mas Kades, sapaan akrab Kepala Desa Sidomulyo mengungkapkan dirinya beserta perangkat desa lainnya memang berupaya untuk melakukan inovasi digitalisasi di bidang pertanian.

“Kami mempunya Sidomulyo online system yang saat ini masih berjalan di bidang digitalisasi pemerintahan dan UMKM. Alhamdulillah ada HME Unej ini sehingga kami bisa melebarkan bidang digitalisasi di bidang pertanian” tuturnya saat sambutan.

telah reservasi
45 menit lalu