Kegiatan Fogging Nyamuk di Dusun Krajan Desa Sidomulyo untuk Cegah Penyakit DBD

Kegiatan Fogging Nyamuk di Dusun Krajan Desa Sidomulyo untuk Cegah Penyakit DBD

Jember, Sidomulyo – Dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Desa Sidomulyo bersama tim kesehatan setempat menggelar kegiatan fogging di Dusun Krajan RT 004 RW 006 pada Jumat, 2 Februari 2024.

Kegiatan ini dipicu oleh laporan kasus DBD yang menjangkit warga dusun tersebut. Dalam menanggapi situasi ini, Pemerintah Desa Sidomulyo bersama Puskesmas SILO I mengambil langkah tegas dengan melaksanakan fogging guna mengendalikan populasi nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus penyebab DBD.

Kasun Krajan, sejumlah perangkat RT/RW, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, dan kader posyandu dan PKK Sidomulyo turut hadir dalam kegiatan ini sebagai bentuk sinergi dan koordinasi antarinstansi. Total peserta yang hadir mencapai 15 orang, melibatkan unsur masyarakat dan aparat pemerintahan setempat.

Fogging dilaksanakan secara menyeluruh di sepanjang pemukiman warga, termasuk tempat-tempat yang dianggap rawan sebagai tempat berkembangbiaknya nyamuk penyebab DBD.

Proses fogging ini dilakukan dengan memakai bahan kimia yang diuapkan ke udara untuk memastikan seluruh area terjangkau oleh efek pengendalian nyamuk.

Kasun Krajan, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah DBD.

“Kesehatan adalah tanggung jawab bersama. Fogging ini hanya langkah awal. Untuk melawan DBD, kita perlu kolaborasi dan partisipasi aktif dari setiap warga. Jaga kebersihan lingkungan, buang sampah pada tempatnya, dan bersama-sama kita ciptakan lingkungan yang bebas dari sarang nyamuk. Dengan bergotong-royong, kita dapat mencegah penyebaran DBD dan memastikan kesehatan bersama.”

Selain fogging, upaya pemberantasan sarang nyamuk di sekitar rumah, penggunaan kelambu, dan pemakaian obat anti nyamuk menjadi langkah-langkah yang disarankan untuk meminimalkan risiko terkena DBD.

Pemerintah Desa Sidomulyo berharap kegiatan ini dapat membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit DBD di wilayah tersebut. Upaya pencegahan dan kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas dari ancaman penyakit.

MEDIA CENTER SIDOMULYO

telah reservasi
45 menit lalu