Tebar Keberkahan, Masyarakat Sidomulyo Kompak Bagi-Bagi Takjil di Bulan Ramadhan

Tebar Keberkahan, Masyarakat Sidomulyo Kompak Bagi-Bagi Takjil di Bulan Ramadhan

Jember­Dalam Satu Minggu terakhir,  Masyarakat Sidomulyo telah menggelar sebuah kegiatan sosial yang sangat luar biasa pada bulan suci Ramadhan ini. Kegiatan ini diinisiasi oleh sekelompok warga yang ingin memberikan keberkahan bagi sesama.

Kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Sidomulyo tersebut adalah membagikan takjil secara gratis. Takjil yang dibagikan berupa kolak pisang, kurma, es buah, sayur gratis  yang akan digunakan untuk berbuka puasa. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat Sidomulyo berhasil membagikan lebih dari 1000 takjil kepada warga yang membutuhkan.

Menariknya, kegiatan ini bukanlah sebuah program gotong royong yang diadakan oleh pemerintah atau organisasi tertentu, melainkan sebuah inisiatif yang diambil oleh masyarakat Sidomulyo secara mandiri. Para pelaku kegiatan terdiri dari berbagai elemen, mulai dari anak didik serta dewan guru RA. Darul Ulum Assurur, Komunitas Pencak Silat Pagar Nusa, hingga Rumah Batik Sidomulyo tergerak untuk berbuat kebaikan tersebut

Salah satu peserta kegiatan menyatakan bahwa mereka ingin berbagi kebahagiaan dengan warga sekitar, terutama bagi mereka yang membutuhkan. Para peserta merasa terpanggil untuk melakukan kegiatan sosial ini karena mereka merasa punya tanggung jawab untuk membantu sesama.

  1. RA .Darul Ulum Assurur Sidomulyo
Tebar Keberkahan, Masyarakat Sidomulyo Kompak Bagi-Bagi Takjil di Bulan Ramadhan
photo Dewan Guru, anak didik serta wali dari RA. Darul Ulum Assurur saat bagi-bagi takjil.

Segenap dewan Guru, Anak Didik serta Wali Murid dari RA. Darul Ulum Assurur Sidomulyo terlihat kompak dalam kegiatan bagi-bagi takjil yang dilaksanakan di perbatasan Dusun Krajan dan Curah Damar tersebut.

Meskipun pada saat itu kondisi cuaca tidak mendukung alias hujan, namun tidak mematahkan semangat adik-adik dan segenap dewan guru untuk berbagi takjil demi mendapatkan berkah bulan Ramadhan.

Tebar Keberkahan, Masyarakat Sidomulyo Kompak Bagi-Bagi Takjil di Bulan Ramadhan
photo RA. Darul Ulum Assurur saat bagi-bagi takjil.

Dikonfirmasi terdapat kurang lebih 30 murid didampingi orang tuanya serta dewan guru turut serta dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dimulai pada pukul 16.35 WIB-Selesai dan dikonfirmasi menghabiskan lebih dari 500 Cup takjil yang telah disiapkan. Tentunya dengan kegiatan tersebut, adik-adik murid dan segenap dewa guru RA. Darul Ulum Assurur patut mendapatkan sebuah apresiasi karena telah membantu sesama warga Sidomulyo untuk memenuhi kebutuhan berbuka di bulan Ramadhan.

  1. Komunitas Pencak Silat Pagar Nusa Sidomulyo
Tebar Keberkahan, Masyarakat Sidomulyo Kompak Bagi-Bagi Takjil di Bulan Ramadhan
photo kebersamaan Pagar Nusa Ranting Sidomulyo saat bagi-bagi takjil.

Tidak hanya dari lembaga sekolah, kini Komunitas Pencak Silat Pagar Nusa Ranting Sidomulyo turut andil dalam kegiatan sosial yang penuh berkah tersebut.

Pasalnya, lebih dari 50 anggotanya turut serta dalam aksi bagi-bagi takjil yang di laksanakan pada hari Sabtu, (01/04/2023) tepat di Gapuro Agung Sidomulyo tersebut.

Tak heran, Gapuro Agung dipilih oleh mereka sebab disanalah pintu utama masuk gerbang Desa Sidomulyo. Tentu banyak lalu lalang utamanya masyarakat Sidomulyo yang melintasi Gapuro megah tersebut.

Dikonfirmasi oleh salah satu anggotanya, kegiatan tersebut dimulai pukul 16.40 WIB-Selesai dan menghabiskan lebih dari 500 cup takjil yang telah disediakan. Aksi Pagar Nusa tersebut memang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan dan mereka berniat untuk terus dapat melaksanakan kegiatan seperti itu setiap tahunnya.

  1. Rumah Batik Sidomulyo
Tebar Keberkahan, Masyarakat Sidomulyo Kompak Bagi-Bagi Takjil di Bulan Ramadhan
photo takjil sayur gratis oleh Rumah Batik Sidomulyo

Tidak mau kalah, Rumah Batik Sidomulyo juga turut andil dalam kegiatan sosial bagi-bagi takjil gratis untuk warga Sidomulyo. Uniknya, komoditas takjil yang disediakan oleh Rumah Batik Sidomulyo itu berbeda dengan pada umumnya.

Jika pada umumnya takjil identik dengan minuman atau makanan yang lansung dapat dimakan, Rumah Batik Sidomulyo menyediakan sayuran segar yang masih perlu diolah hingga siap disajikan.

Dalam satu minggu terakhir, dikonfirmasi Rumah Batik Sidomulyo sudah 2 kali melaksanakan kegiatan tersebut dengan menyediakan sebuah meja untuk tempat sayur-sayurnya.

Tebar Keberkahan, Masyarakat Sidomulyo Kompak Bagi-Bagi Takjil di Bulan Ramadhan
photo saat warga memilah sayur gratis Rumah Batik Sidomulyo

Memang kedengarannya aneh, kendati demikian banyak masyarakat Sidomulyo berbondong-bondong memburu sayur-sayuran gratis yang disediakan oleh Rumah Batik Sidomulyo ini.

Kegiatan berbagi takjil ini mendapat apresiasi dari warga sekitar dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lain untuk melakukan kegiatan serupa di tempat mereka masing-masing. Mas Kades selaku Kepala Desa Sidomulyo juga turut memberikan dukungannya atas kegiatan tersebut.

“Saya sangat bangga dengan inisiatif masyarakat Sidomulyo yang ingin memberikan kebaikan kepada sesama. Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya,” ujarnya.

Dengan kegiatan ini, masyarakat Sidomulyo telah menunjukkan bahwa semangat gotong royong dan kepedulian sosial masih ada dalam diri masyarakat Indonesia, terlebih di saat-saat yang sulit seperti pandemi ini. Kita semua dapat belajar dari mereka untuk saling membantu dan memberikan kebaikan pada sesama. Sebagai sebuah desa kecil yang kompak, masyarakat Sidomulyo telah menunjukkan betapa kuatnya kekuatan solidaritas dan persatuan dalam sebuah komunitas.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga telah membuktikan bahwa jika kita mempunyai tekad dan semangat yang kuat untuk membantu sesama, maka kita pasti akan mampu melakukannya dengan cara apapun. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu membantu dan peduli terhadap sesama.

MEDIA CENTER SIDOMULYO

telah reservasi
45 menit lalu