Desa Sidomulyo Berprestasi: Juara 2 KIP Awards Kabupaten Jember 2023, Menjadi Pionir Keterbukaan Informasi Publik

Desa Sidomulyo Berprestasi: Juara 2 KIP Awards Kabupaten Jember 2023, Menjadi Pionir Keterbukaan Informasi Publik

Jember, deswitasidomulyo.com – Desa Sidomulyo terus menorehkan prestasi gemilang di tahun 2023 ini dengan meraih juara 2 dalam Kompetisi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Awards Kabupaten Jember 2023.

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto, dalam sebuah acara yang juga menjadi peluncuran Portal Jember Satu Data di Pendapa Wahyawibawagraha pada Selasa (12/12/2023).

Pada penganugerahan tersebut Desa Sidomulyo memenangkan kategori PPID Desa Informatif dalam lomba KIP Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember.

Sebelumnya, pada tanggal 30 November, tim juri melakukan kunjungan visitasi ke Desa Sidomulyo untuk memastikan bahwa data di lapangan sesuai dengan keterbukaan informasi publik, yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat Sidomulyo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember, Bobby Arie Sandy, menyampaikan bahwa penganugerahan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember.

“Sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, penganugerahan ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Jember kepada para kepala OPD, Camat, Lurah, dan Kepala Desa yang telah melaksanakan keterbukaan informasi publik,” ujar Bobby.

Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaskan bahwa Keterbukaan Informasi Publik (KIP) adalah program unggulan dari Pemerintah Kabupaten Jember pada tahun 2023. Ia menyatakan bahwa keterbukaan informasi adalah bentuk nyata dari pelayanan publik terbuka, yang semakin banyak diapresiasi oleh masyarakat.

“Setiap OPD harus terbuka, dan semakin terbuka, semakin bagus. Keterbukaan informasi menjadi sangat penting, dan kegiatan ini merupakan wujud konkret dari keterbukaan pelayanan publik di Kabupaten Jember. Semakin banyak informasi yang terbuka, semakin banyak masyarakat yang mendapatkan manfaatnya,” kata Bupati.

Bupati Hendy juga menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan KIP Award 2023 dan menekankan pentingnya masukan dari masyarakat untuk terus melengkapi dan menyempurnakan layanan informasi kepada publik.

Di sisi lain, kepala Desa Sidomulyo, Mas Kades turut menyampaikan kebanggaan atas pencapaian prestisius ini. “Kami merasa sangat bangga dan terhormat atas penghargaan ini. Ini bukan hanya milik pemerintah desa, tapi juga seluruh masyarakat Sidomulyo yang telah berpartisipasi dalam mendukung keterbukaan informasi publik. Semoga ini menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk kemajuan Desa Sidomulyo,” ujar Mas Kades.

MEDIA CENTER SIDOMULYO

telah reservasi
45 menit lalu