Media Canter sidomulyo

Inginkan Pengairan Sawah Lancar, Masyarakat Curah manis Melakukan Gotong Royong

Jember – masyarakat di Dusun Curah Manis memang sudah memiliki ikatan yang erat antar warga. Sehingga, warga Dusun Curah Manis sudah biasa gotong royong secara rutin. Gotong royong di Dusun ini biasanya di komandoi oleh Ketua Dusunnya sendiri Nurul Mustofa dan ketua HIPA (Himpunan Pemakai Air) Dusun Curah Manis Bapak H. Saiful Anwar. Jumat (09/09/2022).

HIPA dibentuk sejak tahun 2010 oleh masyarakat Desa Sidomulyo khusunya Dusun Curah Manis, anggotanya para petani sekitar. Bapak H. Saiful menjadi ketua HIPA berkat ditunjuk oleh masyarakt dusun Curah Manis sejak tahun 2010 hingga saat ini.

Inginkan Pengairan Sawah Lancar, Masyarakat Curah manis Melakukan Gotong Royong Inginkan Pengairan Sawah Lancar, Masyarakat Curah manis Melakukan Gotong Royong Inginkan Pengairan Sawah Lancar, Masyarakat Curah manis Melakukan Gotong Royong

Gotong royong ini dilakukan secara rutin setiap hari Jumat agar sungai kecil ini menjadi bebas sampah dan sungai tidak tersumbat agar masyarakat lebih mudah mengairi sawahnya. H. Saiful mengharapkan warga sekita agar tidak membuang sampah sembarangan agar sungai kecil untuk pengairan sawh tidak tersumbat.

“Kami selalu mengingatkan kepada masyarakat di sini untuk tidak membuang sampah sembarangan di aliran air ini. Seperti yang kita tahu bahwa kebermanfaatan aliran air di sini sangat di rasakan oleh petani sekitar terutama persawahan” Ucapnya.

Tak hanya itu, dalam wawancaranya H. Saiful mengharapkan ada bantuan dari Dinas Pertanian agar pengairannya di buatkan plengsengan hingga warganya tidak perlu susah payah bergotong royong lagi.

Untungnya di Dusun curah Manis ini ada pak uluh-uluh (sebutan warga yang membantu melancarkan pengairan sawah warga). Pak uluh-uluh sudah biasa membantu warga untuk melancarkan air kesawah dengan bayaran se-ikhlasnya.

Gotong royong di dusun Curah Manis juga dipantau juga oleh Ahmadun, Dinas SDA (Sumber Daya Air). Beliau diberi wewenang oleh ketua HIPA untuk memantau kegiatan gotong royong ini untuk mendata berapa debit liter perdetiknya air dan mampu berapa hektar sawah yang bisa diberi air.

Masuknya air itu diatur menggunakan pintu sadap yang ditanggujawabi oleh ketua HIPA. Madun juga berharap warga disini menjadi masyarakat yang bisa lebih maju dan bertanggung jawab agar menjadi warga yang sejahtera.

telah reservasi
45 menit lalu