HIMAKES UNEJ Gelar FGD dan Deklarasi Kampung SDGs Di Desa Sidomulyo

HIMAKES UNEJ Gelar FGD dan Deklarasi Kampung SDGs Di Desa Sidomulyo

Jember, deswitasidomulyo.comHimpunan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial (HIMAKES) sebuah organisasi mahasiswa dari Universitas Jember, menggelar Forum Group Discussion (FGD) dan mendeklarasikan Desa Sidomulyo sebagai “Kampung Sustainable Development Goals (SDGs)” dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Desa Sidomulyo, (14/09/2023).

FGD yang diselenggarakan oleh HIMAKES ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat Desa Sidomulyo tentang berbagai aspek pembangunan berkelanjutan yang termasuk dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau yang dikenal dengan SDGs.

Acara tersebut diadakan di aula kantor Desa Sidomulyo dan dihadiri oleh lebih dari 50 peserta, terdiri dari warga masyarakat, perwakilan pemerintah desa, serta anggota HIMAKES.

Ketua HIMAKES, Fika, menyatakan, sanggat bangga melihat antusiasme dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat maupun pemerintah Desa Sidomulyo.

“Kami sangat bangga melihat antusiasme dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat Desa Sidomulyo dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Melalui FGD dan deklarasi ini, kami berharap Desa Sidomulyo dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mendukung pencapaian tujuan SDGs”, Ungkap Fika.

Pemerintah Desa Sidomulyo juga turut berperan aktif dalam upaya ini. Kepala Desa Sidomulyo, Mas Kades, mengatakan, rasa syukur dan mendukukung langkah-langkaah tersebut untuk keberlangsungan pembangunan di segala aspek.

“Kami sangat mendukung langkah-langkah yang diambil oleh HIMAKES Universitas Jember dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan masyarakat serta berbagai pihak terkait demi mewujudkan tujuan SDGs di Desa Sidomulyo.” Ujar Mas Kades.

HIMAKES UNEJ Gelar FGD dan Deklarasi Kampung SDGs Di Desa Sidomulyo
Arif, S.sos., M.AP dan Mas Kades saat prosesi deklarasi kampung SDGs yang disimbolisasikan dengan pemotongan pita

FGD yang diselenggarakan oleh HIMAKES ini didampingi oleh Bapak Arif.,S.sos.,M.AP, selaku ketua Laboratorium Kajian Pemberdayaan Masyarakat. Dalam FGD ini, HIMAKES membagi peserta menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari perwakilan masyarakat dan pemerintah Desa.

Metode FGD ini melibatkan pertanyaan sesuai dengan angket atau kuesioner yang telah disiapkan. Tujuannya adalah untuk memperoleh data yang relevan, yang nantinya akan diolah menjadi rekomendasi yang dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan.

Dengan deklarasi ini, Desa Sidomulyo berharap dapat menciptakan peningkatan positif yang signifikan dalam kehidupan masyarakat. Acara ini merupakan langkah awal yang menjanjikan dalam perjalanan panjang menuju pembangunan berkelanjutan, dan diharapkan dapat menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi Desa Sidomulyo dan masyarakatnya.

telah reservasi
45 menit lalu